Jika Anda menyukai post ini, silahkan di-share

Tidur malam berfungsi untuk mengistirahatkan badan yang lelah seharian beraktifitas.  Diperlukan 6 s.d 8 jam per hari.

Ternyata tidak hanya dibutuhkan waktu tidur yang berkualitas, kondisi kamar tidur yang gelap juga sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Selain membuat mata juga ikut berisirahat, menurut ahli biologi Joan Robert, tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya.

Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap dan berfungsi sebagai antioksidan dan mengontrol tidur.

Kadar paling tinggi pada hormon ini ditemukan menjelang pagi hari sekitar jam 02.00 – 04.00 dan paling rendah di sore hari.

Manfaat lain melatonin adalah untuk meningkatkan imun tubuh dan menghilangkan ketegangan. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Jadi sebaiknya lampu dimatikan pada saat tidur agar produksi melatonin bisa maksimal, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Semoga bermanfaat :)

Jika Anda menyukai post ini, silahkan di-share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *